Halaman

Minggu, 20 Mei 2018

Day 4: Mempersiapkan anak memasuki masa pubertas

Kenapa materi ini yang saya pilih saat hari minggu yang seharusnya GFOS (gadget free on sunday) dan akhirnya kita disuruh mencari materi mandiri buat kita resume? Karena Zaidan sebentar lagi memasuki usia 10 tahun. Usia transisi dari anak-anak ke pra baligh.
Pubertas adalah masa ketika seorang anak mengalami perubahan fisik, psikis, dan pematangan fungsi seksual. Masa pubertas dalam kehidupan kita biasanya dimulai saat berumur 10 - 15 tahun. Tanda-tandanya seperti : tumbuhnya bulu dada pada anak laki-laki, bulu2 halus pada ketiak dan pubis, suara membesar hingga terjadi menstruasi (haid) atau bermimpi (ihtilam). Secara psikologis tampak pada rasa “ingin dilihat cantik atau jantan”, ketertarikan terhadap lawan jenis, emosi yang meledak-ledak, dll.

Mungkin fitrah seksualitas ini berbeda dengan pendidikan seks. Tapi pendidikan seks menurut saya merupakan salah satu cara memperkokoh fitrah seksualitas anak. Bagaimana bedanya laki-laki dan perempuan ketika memasuki masa aqil baligh yang kemudian membuktikan bahwa di muka bumi ini hanya ada 2 jenis manusia, pria dan wanita yang Allah SWT ciptakan untuk berpasang-pasangan. Sayangnya saat ini, dimasyarakat masih banyak yang menilai tabu berbicara fitrah seksualitas ini dengan anak. Padahal memberi pendidikan seks sejak usia dini sangat banyak manfaatnya. Memberikan mereka pemahaman yang benar dan lurus sebelum mereka bisa mendapatkannya dari sumber-sumber yang bisa saja salah. Umumnya hal ini bisa dilakukan di usia 7-9 tahun, saat anak belum memasuki pubertas. Sudah banyak sekali referensi yang bisa kita lakukan untuk mengawali obrolan ini. Intinya sama, bahwa masa pubertas itu adalah masa yang normal dan akan dilewati oleh semua orang. Zidan kemarin bertanya tentang ini saat di buku PAI ada kalimat sederhana yaitu kewajiban seorang muslim dan ada salah satu syarat yaitu baligh, kemudian diikuti penjelasan haidh bagi wanita dan mimpi basah bagi lelaki).  Butuh 2 malam penuh bagi suami menemaninya bercerita tentang masa baligh ini. Karena ada banyak hal yang harus ikut di bahas selain mimpi basah tersebut😄😄. Mengenalkan ciri pubertas lain seperti diatas, serta tata cara mandi wajib. Kewajiban-kewajiban atau tanggung jawab baru yang mengikuti setiap muslim ketika memasuki masa baligh. Mengulang penjelasan beberapa adab-adab islami. Hal -hal yang harus dan jangan dilakukan untuk menjaga kesehatan reproduksi. Dan tentunya tak lupa menghindarkan diri dari seks bebas yang sekarang semakin tinggi angkanya di masyarakat. Kita harus membayangkan kita sedang mendidik calon pemimpin, calon imam, calon Ayah yang kelak akan bertanggungjawab pada keluarganya, pada istri dan anaknya juga agamanya.  Mempersiapkan anak-anak memasuki usia baligh tidak hanya semata-mata mempersiapkan mereka secara individu untuk bisa menjalani hidup dengan sehat dan lurus sesuai fitrahnya, tetapi juga dalam rangka menjalankan tugas mulia sebagai hamba Allah Swt.

https://lifestyle.kompas.com/read/2013/08/19/1432164/Persiapkan.Anak.Hadapi.Pubertas.

https://m.detik.com/health/anak-dan-remaja/3396160/persiapan-orang-tua-menghadapi-masa-puber-anak

https://sofianaindraswari.com/mempersiapkan-calon-ayah-mendidik-fitrah-seksualitas-anak-laki-laki/

#fitrahseksualitas
#learningbyteaching
#bundasayangsesi11

Tidak ada komentar:

Posting Komentar