Halaman

Jumat, 18 Mei 2018

Day 2: Fenomena Fatherless

Day 2: Fitrah Seksualitas

Fenomena Fatherless
(Kelompok 7: Roza, Iim, Erry)

Fitrah seksualitas adalah bagaimana seseorang bersikap, berfikir, bertindak sesuai dengan fitrahnya sebagai lelaki sejati atau sebagai perempuan sejati.

Fatherless merupakan kondisi dimana anak-anak dalam kehidupan sehari-harinya tidak memiliki hubungan yang dekat dengan ayahnya atau ketiadaan peran/figure ayah.
✓✓✓✓✓✓✓✓✓✓✓✓✓✓✓✓✓✓✓✓✓✓✓
Di usia Zidan yang hampir memasuki 10 tahun saat ini menurut pola pengasuhan sesuai usia. Ketika usia 7-10 tahun, anak-anak di dekatkan ke orang tua sesuai gendernya, jadi anak laki-laki lebih didekatkan kepada ayah, agar mendapat suplai “kelelakian” atau maskulintas. Beberapa bulan yang lalu Zidan sudah sempat bertanya apa itu mimpi basah, karena katanya ada di bukunya. Tentu ini tugas Ayah yang harus menyampaikan. Alhamdulillah dia bertanya begitu saat kami tidak sedang LDR😂. Sekalianlah Ayahnya menjelaskan peran dan tanggung jawab laki-laki dalam keluarga, dalam masyarakat, dsb.  Alhamdulillah punya Suami yang sangat supportif.bukan sekedar pencari nafkah sesuai nilai lokal kita tapi justru suami yang malah lebih banyak memberi transfer nilai-nilai dibanding saya sendiri yang suka sok sibuk😔. Ayahnya sudah terlibat sempurna dalam dimensi pengasuhan yang mencakup Engangement, accessibilty, dan responsibilty. Mungkin ini salah satu hikmahnya selama menikah Pak suami lebih sering tugas belajar dibanding kerja, serta mendapat penempatan kantor pusat cuma sebentar(yang notabene susah punya banyak waktu luang). Sekarang di ujung timur negeri ini, waktu luang bersama keluarga makin  banyak. Beliau sudah pasti hadir secara fisik dan psikologis dalam tumbuh kembang anak kami. Lalu bagaimana saat kami beberapa kali LDR. LDR terlama kami itu 4 bulan, alhamdulillah ada kakeknya yang bisa mengisi figur ayahnya selama itu, mengajaknya berjamaah ke mesjid, mendongengkan saat ia mau tidur, menanamkan nilai-nilai  keagamaan, adab, dll. Walaupun sudah ada kakeknya seperti itupun saya kadang selalu nyaris menyerah sih karena merasa Zidan pasti berubah sikapnya saat LDR dengan ayahnya😂.

Tentu Fatherless ini hanya satu dari sekian banyak tantangan gender saat ini, masih banyak lagi tantangan lain yang dikemukakan seperti di salah satu gambar diatas serta solusi-solusinya. Salah satunya tentu tak putusnya berdo'a buat keselamatan Anak kita dunia akhirat :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar