Halaman

Senin, 08 Januari 2018

Day 3: Semua Anak adalah Bintang

Di hari ke 3 ini saya mau coba menggali bagaimana Ranah hubungan intrapersonal Zidan. Berhubung anaknya sudah 9 tahun lebih, jadi ya pasti sudah tau beda konsep laki-laki dan perempuan. Bahkan sudah dijejelin konsep muhrim non muhrim juga sih, karena anak ini dulu kalau sama sepupu terdekat atau tetangga sebelah lumayan sering kontak fisik walaupun yang saya maksudkan ya pegangan tangan ala main dolmikadol, pukul-pukulan, jambak-jambakan ala anak-anak, dsb. Tapi tetap aja gak boleh dimaklumi kan? :)

Selain itu ya karena sudah disinggung di pelajaran sekolahnya, akhirnya sudah dijelaskan oleh Bapknya tentang mimpi basah, butuh 2 malam pillow talk bersama  Bapaknya baru dia puas penjelasannya,hehe, untung saja utu kewajiban Bapak ya. Konsep Baligh wanita malah lebih duluan tahu karena dulu suka penasaran kenapa saya kadang gaknikutan sholat.

Jika menilik aspek lain dalam hubungan intrapersonal, tentang mengungkapkan yang disukai dan tidak disukai, oh jelas ini sudah khatam, kami akhirnya mengembalikan konsep hak dan kewajiban seperti dipelajaran PKN di Sekolahnya, kalau dia beehak melakukan sesuatu tapi tidk boleh melanggar norma-norma yang ada tentu saja, disamping itu pasti ada kewajiban yang harus dia lakukan, yang sebenarnya kewajiban itu ya kebutuhan dia sendiri, seperti belajar, mengaji, dll.

Setiap malam, saat sudah mau tidur biasanya kami kruntelan dulu bertiga, memancing dia apa saja yang dia lakukan hari ini, apakah harinya menyenangkan atau sebaliknya, saya baru tau malah kalau ini merangsang kecerdasan intrapersonalnya. Yup Zidan memang ekspresif sih, bahkan terlalu ceplas-ceplos kadang-kadang yang mebuat ortunya biasanya juga jadi kelabakan jika sudah berhubungan dengan orang lain. Harus ada sesi privat adab tentang ini mungkin,😂. Dulu saat dia masih kelas 1 SD saya pernah sih menyuruh dia menulis semacam diary, tapi ternyata yang dituluis malah semacam imajinasinya, jadi ya begitulah. Walaupun saya tak bisa menampik, anak ini memang suka menulis. Cerpen-cerpen tidak jelas karangannya masih tersimpan rapi😂.

Saya jadi sangat setuju kalau dikatakan anak intrapersonal itu kadang suka menyendiri tapi tidak anti sosial. Hehe, itu Zidan banget😂.

=======================
#Tantangan10Hari
#Level7
#KuliahBunsayIIP
#BintangKeluarga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar