Halaman

Selasa, 06 Februari 2018

Day 5: mengajarkan anak berbisnis sejak dini :)

To be honest, hari ini saya mati gaya mau nulis apa, apalagi zidan tumben tidur siang dan lama pula jadi jarang ngobrol deh hari ini. Mau bercerita tentang shodaqoh dan berbagi tapi terlalu berat buat otak saya yang lagi balik ke pentium 1 kayaknya malam ini. Mau cerita juga masalah pembukuan dan minta pendapat si anak tapi tetap masih berat saat ini😂. Jadi karena berhubung tadi saya mulai jualan lagi setelah vakum sebulan lebih akhirnya malamnya kami jadi ngobrolin ini deh.

Zidan asik melihat saya menghitung uang hasil penjualan dan mencatat pemasukan pengeluaran hari ini. Sempat ngegodain minta jatah, tapi kubilang kan dia gak bantuin hari ini jadi gak boleh. Akhirnya dia nanya memang banyak ya uang yang bisa di dapatkan mi. Karena pertanyaan inilah saya akhirnya kepikiran buat nulis ini. Saya mulai dengan menghitung modal 1 resep roti jualan saya yang menghasilkan 4 buah cake. Tak lupa menghitung biaya produksi tak terlihat seperti gas, air, dan listrik. Pokoknya semendetail mungkin. Lalu setelah itu bagaimana cara menentukan harga jual. Mengambil margin untung berapa plus melihat juga sekeliling, karena tidak boleh menjual jauh dibawah harga pasar karena akan menjatuhkan penjual lain dan juga tentu jauh diatas harga pasar karena nanti tidak ada yang mau beli. Nah setelah itu saya menyuruhnya menghitung pemasukan dari 4 roti tersebut. Dan matanya cukup berbinar saat selesai menghitung, apalagi ketika saya menambahkan itu baru sehari, coba kali sepuluh hari, atau coba kali sebulan. Dan sekalian menyentilnya dengan, tapi capek kan, jadi uang itu harus dihargai, karena dapatnya butuh usaha kan :)

Semoga saja obrolan ringan dan hitung-hitungan sederhana diatas bisa membekas di benaknya. Dan semoga besok mood saya kembali,hehe. Dan tiba-tiba ingat kata salah satu atasan saya dulu kalau mood itu adalah excuse untuk kemalasan😂. Oke jadi semangatnya harus dipupuk dari sekarang, semangaat :)

#KuliahBunsayIIP
#Tantangan10Hari
#Level8
#RejekiItuPastiKemuliaanHarusDiCari
#CerdasFinansial

Tidak ada komentar:

Posting Komentar