Halaman

Jumat, 02 Februari 2018

Day 1: Mendidik anak-anak cerdas finansial sejak dini ; uang jajan mingguan

Sukaaaa sekali dengan tema kali ini. Saya termasuk golongan emak-emak yang suka financial planning. Mungkin dulu dilakukan terpaksa karena memang harus benar-benar mengatur cashflow rumah tangga yang memang pas-pasan. Tapi entahlah, ada kebahagiaan tersendiri melakukannya. Menulis mimpi-mimpi yang akan dicapai di masa depan, mencatat pemasukan-pengeluaran dengan disiplin, menghitung instrumen-instrumen dana darurat, tabungan hari tua, pendidikan anak, dll, itu suatu keasyikan tak ternilai bagi saya. Pernah saya disentil, awas loh jadi pelit nanti kalau semua pengeluaraneati dicatat,hehe. Dalam hati membatin emang ada hubungannya ya. Saya bisa menghabiskan beribu kata kalau sudah memasuki ranah financial planning ini. Jadi sekarang mari kembali kentopik. Bagaimana memgajarkan anak cerdas financial sejak dini.

Di hari pertama, saya mau bahas tentang uang jajan mingguan Zidan dulu. Jadi sudah beberapa lama Zidan uang jajannya tidak diberi per hari lagi tapi per minggu, setiap hari minggu. Sekarang malah sudah ada pikiran memberinya perbulan saja, sepertinya dia sudah bisa memanage dengan baik. Bahkan terlalu baik🙈. Kenapa saya bilang begitu? Saya malah yang suka gemas sendiri, sudah dikasih jajan mingguan tapi anak ini lebih memilih tidak membawa uang jajannya ke Sekolah. Lebih suka dimasukkan ke celengan. Ya, salah satu hobinya menabung😂.  Dia hanya membawa uang jajan saat pelajaran olahraga, ekskul pramuka, atau saat latihan taekwondo. Di satu sisi saya terharu di sisi lain saya gemas dan kasihan. Dia terlalu terobsesi untuk menabung dan beli mobil sendiri suatu saat nanti. Tak tanggung-tanggung mobil yang ingin dibelinya lambhorgini😂😭. Padahal uang jajannya perhari cuma dijatah lima ribu rupiah, 50 ribu/minggu audah dengan kelas hafidz dan taekwondonya. Jadi so far memberinya uang jajan mingguan saat ini sudah bisa dikatakan sukses buat dirinya sendiri mengatur uang tersebut. Belum pernah kehabisan di tengah minggu. Mungkin hanya minta dibelikan snack saat kebetulan kami lagi belanja di supermarket atau semacamnya yang menurut kami masih wajar. Kedepannya, kami mau trial memberinya uang jajan bulanan. Apakah dia masih bisa mengatur dengan baik, let's see :)

*Ibuprofesional

#KuliahBunsayIIP
#Tantangan10Hari
#Level8
#RejekiItuPastiKemuliaanHarusDiCari
#CerdasFinansial

Tidak ada komentar:

Posting Komentar