Halaman

Minggu, 04 Februari 2018

Day 3: bang bing bang yok kita nabung

Zidan dan menabung sebenarnya sudah sempat saya singgung di hari pertama ya. Dimana anak ini sangat irit membelanjakan uang jajan mingguannya buat ditabung dengan satu cita-cita beli lambhorgini😂😂.

Saya sadar ada yang harus saya luruskan disini. Belum pun menyinggung kalau hidup itu tak usah bermewah-mewah atau qonaah terhadap rezeki yang diberikanNYA. Dulu saya turuti saja karena melihat hal itu membuat anak ini jadi rajin menabung. Jadi pola menabung Zidan selama ini itu menyisihkan sebagian uang jajannya hari demi hari lalu di awal bulan berikutnya kami ke bank untuk menyetorkan tabungannya selama sebulan itu, tak banyak pasti. Hanya lebih 100ribuan sebulan, toh uang jajannnya kalau diakumulasikan cuman antara 200-250 ribu. Biasanya jadi agak lebih banyak kalau dia dapat rezeki dari kakek/nenek/teman ortunya. Disinilah biasanya kami sisipkan lagi bahwa rezeki itu sudah diatur oleh Allah SWT tapi kita tetap wajib berikhtiar mencarinya. Biasanya kalau dapat uang kaget istilahnya kalau tiba-tiba diberi uang seperti itu, setengahnya ia tabung lalu setengahnya ia pakai jajan sesukanya deh. Sepanjang jajanan yang dibelinya tidak aneh-aneh ya kami biarkan saja sih selama ini, apalagi malah dengan dermawannya dia  sendiri yang mengajak kami ortunya makan di luar contohnya, nanti dia yang traktir katanya😂. Masih bingung juga, antara memang itu haknya, jarang-jarang juga terjadi, tapi dalam hati masih bertanya-tanya, apakah sudah tepat seperti ini.

Disamping itu, saya juga masih bingung antara mau menjelaskan sekarang tentang tabungan dan mimpi jangka pendek dan jangka panjang, membagi pos-pos tabungan menurut hal-hal yang di cita-citakannya ingin ia beli atau ia kunjungi. Apakah umur 9 tahun sudah cukup buat mencerna penjelasan itu atau belum. Selama ini masih abu-abu sih. Kalau ditengah jalan dia tertarik membeli mainan misalnya yang sampai pengen banget ya dia ngambil dari uang tabungannya. Berarti ada PR lagi yang harus saya cari-cari jawabannya besok nih :)

#KuliahBunsayIIP
#Tantangan10Hari
#Level8
#RejekiItuPastiKemuliaanHarusDiCari
#CerdasFinansial

Tidak ada komentar:

Posting Komentar