Halaman

Senin, 14 Desember 2020

Aliran rasa Ketiga; Berkarya Bersama

Bismillahirrahmanirrahim...
Akhirnya sampai di aliran rasa pamungkas di Saung Sambut Semai Komunitas ini. 
Ada banyak pelajaran yang bisa dipetik dari #BabakMain3 ini. Dimulai dengan nonton bareng layar tancap yang diberi nama "arena gobak sodor". Disinilah Yinda Eci membahas tentang Berkarya bersama dalam komunitas. Saya langsung teringat pada salah satu mantra di IP. Belajar, Berkembang, Berkarya, Berbagi, dan Berdampak . Suatu project biasa bisa menjadi luar biasa jika dikerjakan bersama-sama dalam komunitas. Setiap individu memiliki kekuatan masing-masing sehingga jika bergerak bersama akan membentuk kolaborasi yang luar biasa. 
Lalu ada beberapa tips membangun tim yang solid, yang kemudian menjadi mantra di IP yaitu "main bareng, ngobrol bareng, aktivitas bareng". Lalu ada pelajaran juga bagaimana menghadapi tantangan dalam berkarya bersama, dari kedua yunda yang bisa saya simpulkan adalah terima dan nikmati keberagaman, lalu samakan langkah dengan menyamakan ritme setiap member terlebih dahulu. Ketika menemui konflik, kembalikan pada visi, fokus dan ingat kembali tujuan berkomunitas, dan bayangkan dampaknya 5 atau 10 tahun kedepan jika ingin mengambil keputusan. 

Kemudian, sebagai sambungan dari layar tancap pertama, ada layar tancap kedua yang membahas tentang Code of Conduct (CoC). CoC ini jika di Bahasa Indonesiakan berarti pedoman berperilaku bermartabat. Aturan yang dibuat, dipahami, dan disepakati dan menjadi komitmen bersama. Tentang bagaimana kita berperilaku dalam suatu komunitas dan merupakan acuan jika terjadi pelanggaran dalam berkomunitas. Konsekuensi terberat dari perilaku tidak bermartabat ini adalah dikeluarkan dari keanggotaan IP yang bersifat permanen.
Kedua layar tancap ini menjadi alarm lagi sebenarnya untuk saya pribadi. Banyak sekali mimpi yang bisa dirangkai dalam komunitas ini tapi kadang saya masih menyerah pada hambatan yang ada. Bismillah, let's try again,  mari kembali ingat tujuan, berkarya bersama dalam naungan COC Ibu Profesional.
#aliranrasa3
#Babakmain3orientasi
#KampungMainKomunitas
#KomunitasIbuProfesional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar