Halaman

Minggu, 29 November 2020

Jurnal Zona E Pekan Ke-2, Tunjukkan Kontribusimu pada Kota

Saya melihat jurnal pekan ini sebagai reminder, pengingat kembali ke jurnal-jurnal sebelumnya. Banyak sekali kejutan manis di Hexagon City ini, kejutan yang kadang bikin para hexagonia agak oleng, sampai mardika memberikan tagar khusus #ogaholeng pada setiap warga😂. Sekarang mari mengingat satundeminsatu perjalanan di Hexagon City ini.

Passionate People
Kembali tentang Passion, sesuatu yang membuat kita berbinar saat melakukannya dan masih banyak penjabaran lainnya tentang passion. In the end, yes I'm a passionate people. Walaupun diawal sudah oleng ingin menekuni passion yang mana di kota hexagon ini karena ada 3 passion yang benar-benar membuat saya oleng karena susah menentukan pilihan, pada akhirnya saya memilih passion di bidang Pendidikan. Pilihan yang membuat saya sangat bersyukur karena akhirnya dikumpulkan bersama orang2 passionate di dunia ini.  Kata bu Septi di salah satu live "it is good to do what you love but the secret of life is love what you do". Jadi karena bidang ini adalah passion saya maka saya selalu mensugesti diri untuk selalu bahagia menjalani pilihan passion ini.

Character Cultivator
Setelah Passion, para Hexagonia diminta untuk mengaktifkan satu karakter selama menyusun Proyek Hexagon City ini. Saya memilih mengaktivasi karakter Persisten. Persisten bermakna gigih, teguh, tekun, atau keras hati. Saya memilih karakter ini karena saya sadar saya sering oleng di tengah jalan, gampang terdistract, dan moody. Jadi harapan saya diantara banyaknya karakter penghambat seperti itu saya bukan saja tetap persistent menggapai mimpi bersama menyusun project passion di blok kami tapi juga menjadi reminder saya di kehidupan sehari-hari untuk selalu membangun karakter ini. 

Habit Powered
Habit yang baik itu dibangun dengan istiqomah, bukan ada dengan sendirinya. Kekuatan Habit ini akan sangat mempengaruhi keberhasilan project passion Hexagonia. Saya kemudian memutuskan membangun habit 30 menit di Pagi hari dan 30 menit sebelum tidur untuk membangun habit baru yang berkaitan dengan project passion co-housing kami di Blok Pensil. Kami kemudian saling mengingatkan proses membangun habit ini agar cita-cita kami bersama bisa sukses tercapai.

Shining 4E
Setelah habit, para hexagonia diajak untuk memetakan aktivitas kedalam 4E (Easy, Enjoy, Excellent, & Earn). Karena aktivitas di dunia pendidikan ini selain merupakan passion saya, juga memang termasuk pekerjaan saya di dunia publik, jadi bisa dikatakan saya sudah dalam tahap Earn. Tapi karena sasaran segmen co-housing kami sangat berbeda, dimana dunia nyata saya menghadapi anak Remaja sementara di Hexagon City sasarannya adalah usia pra sekolah dan usia SD, maka masih ada juga aktivitas yang berada di fase easy dan enjoy. 

Dan inilah bukti kontribusi saya terhadap hexagon city telah terangkum dalam template dibawah ini
#HexagonCity
#Hexagonia
#ContributiontoNation
#KuliahBundaProduktif
#InstitutIbuProfesional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar