Halaman

Senin, 14 Desember 2020

Zona eXtra Miles, Challenge yourself to do more!

Welcome to Zona X, Hexagonia.
Founding Mother mengawali pekan ini dengan menyampaikan review knowledge management 4E aktivitas dan pentingnya Check in dan ice breaking dalam diskusi-diskusi. Setelah review tersebut, Founding Mother kemudian menyampaikan tentang Zona eXtra miles ini, eXtra miles merujuk ke kurikulum Bunda Produktif Ibu Profesional adalah melakukan sesuatu yang lebih untuk mencapai hasil yang lebih baik. Ibaratnya, jika sesuatu dikerjakan dengan usaha yang biasa, maka hasil yamg didapatkan pun akan biasa, begitu pula jika kita mengerjakan sesuatu dengan usaha yang luar biasa maka hasilnya pun akan luar biasa. Para hexagonia pun diarahkan untuk menemukan extra miles masing-masing.

Untuk melaksanakannya para Hexagonia akan menggunakan tabel empat kuadran yang disebut Impact Effort Matrix, dengan penjelasan sebagai berikut:

Project List
Susun semua kegiatan yang sudah terlaksana. Tulis ide-ide apa saja yang akan dikerjakan. 

Thankless Task > High effort, low impact
Kita sudah mengerjakan mati-matian, tetapi dampaknya kecil. 
Kegiatan atau aktivitas pada area Thankless Task ini disamakan dengan istilah rat race. Yaitu kesibukan yang tiada henti-hentinya namun hasilnya tidak seberapa. Hexagonia harus mengosongkan area Thankless Task tersebut. Tidak ada lagi kegiatan yang membutuhkan usaha keras tapi dampaknya rendah. 

Fill in > Low effort, low impact
Beberapa pekerjaan yang tidak bisa kita hindari. Ketika kita kerjakan dalam kondisi lelah pun bisa. Biasanya hanya untuk menggugurkan kewajiban. 

Quick Wins > Low effort, high impact
Bagaimana caranya? Perlu latihan dengan memunculkan ide-ide baru. 
Misalnya jika selama ini kita mengerjakan sesuatu mepet deadline, maka atur kembali manajemen waktunya agar tidak mepet deadline. 

Major project > High effort, high impact
kegiatan yang membutuhkan usaha keras dan hasilnyapun maksimal.

Setelah mendengarkan pemaparan dari Founding Mother, seperti biasa selalu ada jleb moment, ah betapa saya masing kurang produktif dan kurang bisa menyusun skala prioritas selama ini. Masih banyak extramiles yang bisa dicapai seharusnya. Sekarang pun mulai muncul titik jenuh dan ingin jeda sejenak rasanya🙈. Baru sembuh dan digempur aktivitas PAS dan Raportan, membuat saya akhirnya memilih mudik untuk menepi sejenak mengistirahatkan fisik dan jiwa🙈. 
Kembali lagi ke zona X, esoknya, Co-housing kami akhirnya berdiskusi tentang Impact Effort Matrix diatas, dan seperti inilah Matriks Co-housing kami di Blok Pensil HexaEduxate Residence.

Dan ini impact effort pribadi saya
Makin kesini makin tersadarkan betapa perjalanan Bunda Produktif ini memang "memaksa" para warganya untuk menjadi produktif, tidak pasif dan harus mengambil peran, dan pilihan ada pada Hexagonia, mau menyerah atau lanjut Berjuang dan kelak menjadi pemenang😊.

#zonaXtraMiles

#KuliahBundaProduktif

#InstitutIbuProfesional

#Hexagonia

#HexagonCity


Tidak ada komentar:

Posting Komentar