Halaman

Selasa, 09 Juni 2020

Set up your plan to achieve your goals!

Kembali lagi memasuki dunia kupu-kupu. Berusaha menjadi kupu-kupu indah yang bisa terbang tinggi dan menabur manfaat dan keindahan bagi sekitar. Jujur saja, setelah 2 pekan liburan, semangat sempat agak mundur. Apalagi tugas di ranah publik sedang banyak-banyaknya. Tapi mengingat mimpi untuk jadi kupu-kupu indah, Bismillah mari perkuat niat.

Pekan ini masih dalam tahap mentoring sebenarnya. Bu Septi kembali mengingatkan kami agar fokus pada mind map. Ingat kembali mimpi-mimpi atau project-project yang ingin kita gapai. Dan pada akhirnya susunlah rencana yang real untuk menggapai goals tersebut. Dimulai dengan menyusun skala prioritas dengan prinsip first thing first. Tempatkan yang paling urgen di posisi teratas. Saya tetap istiqomah menempatkan manajemen keuangan keluarga di nomor 1, diikuti manajemen waktu di prioritas ke 2, serta meningkatkan kemampuan mengajar, menghafal Qur'an, dan manajemen emosi di poin 3,4,5. Sebenarnya, saya merasa sanggup berusaha meraih kelima goals tersebut dalam waktu yang bersamaan karena justru poin nomor satu ini tidak membutuhkan banyak waktu, hanya keberanian dan komitmen pada keputusan yang telah diambil. Poin no 2 sebenarnya ujung tombak dari 3 prioritas selanjutnya. Jika saya sudah mampu mengatur waktu sebaik mungkin, saya akan bisa membagi ketiga prioritas selanjutnya pada tingkat prioritas dan porsinya masing-masing. Dua bulan terakhir ini saya memakai metode bullet journaling untuk manajemen waktu, dan alhamdulillah it works. 
Setelah menyusun prioritas, Bu septi mengajak kami untuk membuat langkah real untuk mencapai tujuan. Membuat rencana konkrit yang akan ditempuh serta menentukan deadline pencapaiannya. Serta capaian-capain yang harusnya kuta telah capai dalam kurun waktu kita menempuh track mencapai goals tersebut.


Sekali lagi, kelas bunda cekatan membuat saya berbinar. saya adalah seorang pemimpi dan perencana, jadi saya begitu menikmati tantangan pekan ini. Menata goals satu demi satu berikut datelinenya masing-masing membuat saya bisa menjalani hari-hari lebih bersemangat tapi tetap tenang. Ditunjang dengan program mentorship yang mempertemukan saya dengan certified financial planner yang mumpuni yang memberikan saran dan masukan yang sesuai dengan keadaan saya pribadi. Fabiayyi ‘aalaa’i Rabbikumaa Tukadzdzibaan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar