Halaman

Selasa, 23 Juni 2020

False Celebration and 360° Degree ;Jurnal Kupu-kupu ke 5

Pekan ini di Kelas Kupu-kupu ada banyak istilah dan pengetahuan baru yang saya baru tahu. Kurang lebih pekan ini ada 4 hal yang harus dilakukan, kembali check progress, False Celebration, 360° feedback, dan butterfly effect. 

1. Check Progress
Sebagai mentor, seperti pekan lalu saya bertanya sejauh mana keahlian mereka saat ini. Alhamdulillah semua mentee menunjukkan perubahan yang baik bahkan luar biasa. Terharu sendiri melihat foto-foto hasil food preparation para mentee juga cerita perjuangan mereka menyusun meal plan dan usahanya agar konsisten pada meal plan tersebut.
Sebagai mentee, karena yang saya ukur berupa nominal, saya malah bisa memberikan progressnya dalam bentuk persen. Mau menjabarkan seperti apa sebenarnya sudah tertuang dalam kolom langkah yang sudah ditempuh.

2. False celebration
"it's okay making false, as long as we can learn from the mistake" 
Begitu kata Bu Septi malam itu, jadi di faae ini Bu septi menganjurkan kita merayakan kesalahan, karena dari kesalahan tersebut kita bisa mengambil pelajaran dan menentukan langkah selanjutnya
Sebagai mentor dan sebagai mentee. Satu kesimpulan yang bisa saya ambil dari sini, setiap orang itu unik, jadi kesalahannya juga berbeda-beda, tak ada yang sama baik saya sebagai mentor melihat mentee saya masing-masing dan grup saya sebagai mentee. Dan benarlah, dari kesalahan-kesalahan tersebut saya betul-betul bisa mengambil hikmahnya, langkah selanjutnya apa untuk memperbaiki kesalahan tersebut, atau sekedar "let's try again moment"  karena memang sudah merasa melakukan yang terbaik.
False celebration saya sendiri adalah saya langsung merongrong mentor saya untuk mengajarkan investasi dan berbagai produknya, sementara saya belum melakukan financial check up, cashflow therapy pun masih kadang goyah. Alhamdulillah dari false celebration ini saya jadi kembali dulu melakukan financial check-up, mengecek kembali arus cashflow, dan memutuskan ada 1 langkah yang tadinya akan dilakukan segera ditunda dulu sampai awal tahun setelah melakukan financial check up, selain karena kondisi dunia saat ini yang lagi terdampak wabah. Semoga wabah ini segera berlalu, aamiin. 

3. 360° Feedback
Sudah adakah perubahan selama menjalani program mentorship ini. Sudahkah kita membangun komunikasi produktif baik sebagai mentee atau mentor. Oh iya pemberi feedback terbaik adalah anggota keluarga. Jadi saya bertanya pada anak dan suami apakah selama proses mentorship ini melihat ada perubahan pada diri saya. Jawabannya alhamdulillah positif tapi masih belum terlihat efeknya. Mungkin karena skill yang saya tekuni saat ini tidak terlihat hasilnya dalam jangka sangat pendek.

4. Butterfly Effect
Perubahan kecil jika dilakukan dengan konsisten akan menghasilkan perubahan besar di kemudian hari. Mendengar kalimat ini, semangat saya kembali terpacu, hasilnya di masa liburan sekolah ini saya ingin mencoba menyusun target baru yang sebenarnya ada dalam mind map saya, yaitu bagaimana menjadi guru yang asyik, saya akan membuat rencana pembelajaran serta materi dan medianya selama 1 semester ini. Durasinya selama liburan. Bismillah semoga bisa selesai sesuai harapan saya, aamiin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar