Halaman

Minggu, 09 Februari 2020

Keep Stay at KeFin

Well, Pekan ini di Kelas Buncek ada parade persentasi life dari para member mewakili rumahnya masing-masing. saya menonton cukup banyak presentasi, diantaranya:
1. Cerdas Finansial dari mbak Gitaria Eka, dari rumah saya sendiri di keluarga finansial
2.Manajemen Waktu dari Mbak Laily Indah Sejati
3. Public Speaking dari Mbak Fajrina Addien
4. Ilmu kerumahtanggan macam food preparation,dll dari Mbak Shabrina lestari
5. Mengapa dan bagaimana menghafal alqur'an dengan menyenangkan dari keluarga pecinta Qur'an diwakili Mbak Fathiyatus Sa'adah
6. DIY serting spray dari Mbak Raida Widjojodharmo dari keluarga kecantikan.

dan betul seperti Bu septi bilang, jangan sampai kita terkena badai Informasi atau terkena penyakit FOMO (Fear Of Missing Out) yaitu takut ketinggalan. Tetap FOKUS pada mind map kita. Tetapi dasarnya memang di mind map saya ada lima ilmu yang ingin saya kuasai berarti saya menempuh tips kedua setelah fokus, yaitu PRIORITAS, mana yang penting dan mendesak untuk saat ini. Akhirnya saya memutuskan tetap tinggal di rumah sekarang, yaitu di KeFin (Keluarga Finansial). Pekan ini, kelas tetap hidup dan ramai. Mulai banyak ahli finansial keluarga yang tadinya masih malu-malu akhirnya muncul dan memberikan beberapa materi, tips, bahkan spreadsheet buatannya sendiri. Inilah yang didiskusikan oleh keluarga finansial di week 1.

*WEEK 1* 
✅ OverviewPerencanaan Keuangan
_Tanggal 5 Februari_

✅ Budgeting
_Tanggal 6 Februari_

✅Pencatatan Keuangan
_Tanggal 7 Februari_

✅Evaluasi Keuangan keluarga
_Tanggal 8 Februari_

Di awal pekan kita berdiskusi bagaimana melakukan perencanaan keuangan di keluarga masing-masing. Ingat bahwa setiap keluarga itu unik dan punya tujuan masing-masing, jadi remcana yang dibuat juga sesuai dengan kesepakatan dan kenyamanan masing-masing. Di hari kedua bagaimana cara memulai budgeting, ada yang perbulan,perpekan, atau harian. berbagai spreadsheet dan aplikasi bertebaran. selalu diingaykan untuk Tabungan, ZISWaf, dan Utang harua pertama disisihkan sebelum budget kebutuhan yang lain. ada yang budgetingnya masih memakai metode amplop yermasuk saya sendiri😁. Diskusi ketiga adalah pencatatan keuangan. Masing-masing keluarga juga berbeda caranya, ada yang cukup 3 bulan sudah bisaelihat ritme pengeluaran dan budgetingnya selanjutnya dilihat dari history catatannya yang konsisten selama 3 bulan tersebut, ada yang masih memakai buku tulis, ada yang memakai aplikasi yang bisa diunduh di play store, dan banyak juga yang membuat spreadsheet sendiri. kuncinya disini yaitu KONSISTEN agar kita bisa mengevaluasi antar abudgeting dan pengeluaran real kita apakah sesuai atau tidak. Di hari yang tersisa di pekan ini kita gunakan untuk mengevaluasi perencanaan keuangan keluarga masing-masing juga saling memberi tips-tips mengelola keuangan keluarga. Misalnya yang lebih nyaman dan hemat memakai e-money seperti OV* dan Gopa*. Lalu memanfaatkan promo JSM di supermarket atau membuatkan bekal umtuk suami dan diri sendiri untuk penghematan. Saya bersyukur bisa berada ditengah keluarga ini disaat memang saya merasa butuh support grup di bidang finansial seperti ini. semoga apapun ilmu yang kami dapatkan selalu membawa keberkahan bagi keluarga kami, aamiin.
#janganlupabahagia
#jurnalminggu4
#materi4
#kelasulat
#bundacekatan
#buncekbatch1
#buncekIIP
#institutibuprofesional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar