Halaman

Senin, 04 Desember 2017

Day#12 bang bing bang yok kita nabung 😊

Hari ini hari pertama Zidan UAS di Sekolah  yang di sini, pulangnya jadinya bisa lebih awal. Harusnya bisa membersamainya lebih lama, apalah daya saya sibuk ngebakso dan ngerawon, siang sampe sore lanjut nyetrika banyak banget😢🙈. Jadinya saya putarin dvd aja waktu itu, eh gak lama dia ketiduran, baru bangun saat hampir maghrib dan saya sudah beres dengan pekerjaan domestik IRT. Oiya ada 1 lagi kegiatan rutinnya setiap awal bulan, yaitu menghitung isi celengan dotnya😅. Zidan ini ada 2 celengan, 1 celengan koin buat uang koin yang di papua ini jadi jarang ngeliat😂 dan 1 lagi celengan dot yang bisa dibuka tutup kayak dot. Tempatnya nabung sisa uang jajannya, atau misalnya dia dapat rezki dikasih uang sama orang lain. Atau upahnya dari membantu ortunya jualan misalnya. Kalau misalnya dia juga lagi pengen beli sesuatu di tengah bulan ya bisa juga ngambil dari sini. Setelah dihitung, jumlahnya ada 204 ribu untuk bulan ini. Nah, esoknya kami akan ke Bank buat menyetor uangnya. Tidak banyak memang, tapi karena rutin setiap bulan, total tabungannya sekaramg lumayan banget loh untuk anak seumuran dia. Itu dikumpul sedikit demi sedikit seperti ini. Yang saya kasih banyak cuman sekali itupun hanya 1,5 juta, waktu saya jualan di bulan Ramadhan dengan niat saya sebagai kompensasi kesibukan berat saya saat itu🙈. Entahlah gen darimana anak ini jadi irit jajan dan suka nabung😅.  Setelah itu, saya baru ingat belum bungkusin perpack bakso yang saya buat untuk stok bulanan. Tadinya saya hitung ada 265 biji sebelum di makan (dicemilin lebih tepatnya pemtolnya🙈). Zidan saya tugaskan deh mengemas baksonya dengan plastik sealer per 10 biji dan 20 biji, didapatlah 8 bungkus pentol isi 20, dan 5 pentol isi 10, ada sisa 2 biji lagi yang langsung masuk mulut saja. Lesempatan nih disini tes operasi hitung lagi. Contohnya total pentolnya sekarang ada berapa. Berarti kalau sisa segitu sudah berapa yang kita makan sejak siang. Kaget juga kami berdua kalo sudah menghabiskan 53 biji bakso😂. Saya sisipkan juga pecahan dengan menggunakan plastik-plastik isi pentolnya, contohnya kalau dikurangi 1 plastik bakso isi 20, berarti sisa seperberapa dari total bakso kemasan 20, dsb.lalu cara menyusunya di freezer sehingga simetris dan rapi pun tak lepas dari matematika kan ;). Setelah selesai baru deh kami belajar bareng sebentar saja, toh insya Allah anaknya pun sudah siap tanpa harus memforsir belajar saat ulangan seperti ini. Malah jadi stress nanti ;)

#Tantangan10Hari
#Level6
#KuliahBunsayIip
#ILoveMat
#MathAroundUs

Tidak ada komentar:

Posting Komentar