Halaman

Minggu, 03 Desember 2017

Day#11 Menyusun Menu Mingguan dan Budgetnya

Kerjaan saya tiap 2 minggu sekali di hari minggu yaitu menyusun weekly menu. Biasanya sebelum menulis, saya nanya dulu sama anak-suami, mereka ada request gak mau makan apa minggu ini. Ada beberapa rules biasanya yang jadi patokan saya. Pertama, dalam 2 minggu itu tidak boleh ada menu yang sama🙈. Lauknya pun bervariasi tiap harinya dalam seminggu, dari seafood, ayam, daging,telur,tahu/tempe. Setiap hari seharusnya ada sayur, yah menu sembanglah ceritanya.Lalu, seperti keluarga kebanyakan, jika lauknya berkuah maka sayurnya yang tak berkuah, dan sebaliknya. Nah, setelah selesai menyusun menu, barulah saya menghitung budgetnya. Tidak boleh melebihi budget mingguan. Biasanya ada yang lebih sih, jadi saling mensubtitusi aja sama minggu berikutnya. Hari ini, saya minta bantuan Zidan deh, menuliskan apa saja yang kira-kira harus saya beli, lalu saya memberi taukan harganya. Kemudian dia yang menjumlahkan totalan bahan tersebut. Ada juga, saya mencoba memberikan angka bayangan dari hasil UAS yang dia kerjakan, dilihat dari soalnya yang pilihan ganda semua, dan ketahuan benar berapa dan salah berapa, cara menghitung nilai yang diperoleh caranya dengan menghitung jawaban yang benar dikalikan 100 lalu dibagi dengan jumlah soal. Sempat juga menghitung umur. Jadi contohnya kakeknya lahir tahun 1947, sekarang usianya berapa, pada saat Zidan lahir usianya berapa, tahun sekian usianya berapa, dll. Ternyata saya makin tersadar, banyak hal kecil yang bisa dieksplor tentang matematika ini ya :)

#Tantangan10Hari
#Level6
#KuliahBunsayIip
#ILoveMat
#MathAroundUs

Tidak ada komentar:

Posting Komentar