Halaman

Sabtu, 18 Februari 2017

NHW#4 🍀MENDIDIK DENGAN KEKUATAN FIITRAH 🍀

NHW Matrikulasi Batch#3 minggu ke-4.

📚NICE HOME WORK #4

🍀MENDIDIK DENGAN KEKUATAN FIITRAH 🍀

Akhirnya, telat juga mengerjakan PR minggu ini, ada beberapa keriwehan yang sebenarnya sih tak boleh dijadikan excuse buat telat ngerjain NHWnya,  semoga pertama dan terakhir, aamiin. NHW keempat ini saya benar-benar butuh waktu buat merenung lebih dalam, bertanya dengan hati ke diri saya sendiri dan end up benar-benar bercucuran air mata betapa saya telah banyak menyia-nyiakan waktu selama ini (apalagi sejak adanya smartphone dan medsos, walaupun tidak bisa dipungkiri juga banyak hal positif termasuk bisa bergabung dengan IIP ini yang saya dapatkan dari sebuah smartphone) dan bersyukur masih diberi umur dan kesehatan untuk memulai KM 0 saya.

a. Mari kita lihat kembali Nice Homework #1 , apakah sampai hari ini anda tetap memilih jurusan ilmu tersebut di Universitas Kehidupan ini? Atau setelah merenung beberapa minggu ini, anda ingin mengubah jurusan ilmu yang akan dikuasai?

Di NHW-1 saya sempat bingung saking banyaknya hal yang sebenarnya ingin saya pelajari, saya akhirnya menempatkan  ilmu homeschooling di prioritas pertama karena memang hal itu yang urgen dengan sikon keluarga kami saat ini. Setelah mendapat tugas NHW-4 ini saya jadi merenung kembali, saya senang melakukan kegiatan yang sesuai dengan passion saya, sedangkan homeschooling apakah itu sesuai passion saya atau memang adalah kewajiban bagi seorang ibu kan? Apapun yang terjadi, saya memang harus selalu menjadi guru buat anak-anak saya disamping saya memang senang mengajar. Jadi biarlah itu tetap menjadi prioritas pertama saya, tapi saya tetap akan mempelajari hal-hal lain yang bisa membuat saya bahagia juga bermanfaat bagi keluarga dan banyak orang. Jadi yang saya ingin prioritaskan lagi adalah ilmu manajemen waktu, bagaimana saya bisa mengisi waktu saya dengan hal-hal yang bermanfaat tapi tetap membahagiakan diri saya. Semoga, mengajar anak saya dirumah bisa sejalan dengan keinginan saya memperdalam ilmu masak, memulai bisnis (masakan dan printilan rumah/dapur), juga mengikuti kursus jahit. Disamping itu, tetap mengejar salah satu mimpi saya yang lain, mengajar dan memberi semangat buat anak-anak disini buat lebih maju.

b.  Mari kita lihat Nice Homework #2,  sudahkah kita belajar konsisten untuk mengisi checklist harian kita? Checklist ini sebagai sarana kita untuk senantiasa terpicu “memantaskan diri” setiap saat. Latih dengan keras diri anda, agar lingkungan sekitar menjadi lunak terhadap diri kita.

Jujur, checklist minggu lalu belum sepenuhnya saya patuhi, sholat saya masih beberapa tidak di awal waktu, belum sempat puasa senin-kamis, dll. Tapi ada juga yang membahagiakan, Alhamdulillah minggu ini saya mendapatkan tempat majelis ilmu rutin dan mulai ikut juga, checklist yang berhubungan dengan bunda cekatan juga selalu konsisten,dll. Kadang ada excuse dengan mengatakan dalam hati ahh checklistnya belum sempat saya print dan tempel di dinding, jadi malam ini juga checklist itu akan saya print dan tempel😂

b.Baca dan renungkan kembali  Nice Homework #3, apakah sudah terbayang apa kira-kira maksud Allah menciptakan kita di muka bumi ini? Kalau sudah, maka tetapkan bidang yang  akan kita kuasai, sehingga peran hidup anda akan makin terlihat.

Saya merenung lebih dalam di poin ini, dan sebenarnya ada rasa takut menjadi sombong malah setelah berpikir beberapa hal. Satu hal yang pasti saya ingin menjadi istri dan ibu yang selalu bisa memberi motivasi bagi suami dan anak-anak saya. Selalu ada dan nyambung pada setiap topik yang mereka ingin diskusikan. Disamping itu, dengan pekerjaan suami yang selalu berpindah-pindah, saya ingin bermanfaat di setiap tempat mana saja yang kami singgahi, contohnya membuka rumah baca dan memberi les inggris gratis bagi anak-anak.

Misi Hidup : bermanfaat bagi keluarga khususnya dan orang banyak pada umumnya.
Bidang : Pendidikan Anak
Peran : educator,motivator,insiator

c. Setelah menemukan 3 hal tersebut,  susunlah ilmu-ilmu apa saja yang diperlukan untuk menjalankan misi hidup tersebut.

1. Bunda Sayang : Ilmu sabar, ikhlas, dan ilmu agama agar keluarga ini selalu mendekat padaNYA
2. Bunda Cekatan : Manajemen waktu dan rumah tangga. Konsisten pada jadwal harian yang telah dibuat
3. Bunda Produktif : Ilmu-ilmu seputar marketing,  baking, mencari peluang bisnis kuliner dan memperluas jaringan di tempat domisili saat ini.
4. Bunda Shaleha : Ilmu komunikasi, agar bisa membaur dimana saja dan akhirnya bisa memberi manfaat bagi orang banyak.

d. Tetapkan Milestone untuk memandu setiap perjalanan anda menjalankan Misi Hidup

KM 0 – KM 1 ( 3 bulan pertama ) : sudah konsisten terhadap checklist harian yang telah dibuat, jauh lebih sabar menghadapi anak, sudah mempunya kerangka yang jelas terhadap keinginan mengabdi pada masyarakat khususnya dunia pendidikan anak di daerah ini.
KM 1 - KM 2 ( 3 - 6 bulan pertama ) : sudah mulai kursus jahit, mulai merencanakan salah satu bisnis rumahan, sudah mulai ada bentuk nyata pengabdian pada dunia pendidikan, sambil jalan mempelajari manajemen waktu jika menjalankan semua itu.
KM 2 – KM 3 ( tahun 1 ) : berarti februari 2017, menguasai ilmu bunda cekatan, sudah bisa menjahit, sudah mulai menjalani bisnis rumahan
KM 2 – KM 3 (tahun 2 ) : Menguasai Ilmu seputar Bunda Produktif, seharusnya bisnis tetap settle,  lingkup pengabdian lebih luas.
KM 3 – KM 4 ( tahun 4) : Menguasai Ilmu seputar Bunda shaleha, rumah tangga terlihat nyata lebih bahagia dan lebih baik, selalu bisa bermanfaat bagi keluarga dan orang banyak

e. Koreksi kembali checklist anda di NHW#2, apakah sudah anda masukkan waktu-waktu untuk mempelajari ilmu-ilmu tersebut di atas. Kalau belum segera ubah dan cantumkan.

Alhamdulillah sudah.

f. Lakukan, lakukan, lakukan, lakukan

Go...Go... Go...
Bismillahirrahmanirrahiim...
Mari menjadi ibu profesional dan tetap selalu bahagia😊

Salam Ibu Profesional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar