Halaman

Selasa, 07 Februari 2012

Family finance accounting

Hadewh kok kliatan berat banget yach judulnya, hahaha, yeah embyer.. gw aje mpe pengsan berapa kali sejak mule melek hal ini. Sebenernya ini sih bukan hal baru-2 amat dikeluarga kecil gw, bahkan sejak awal nikah gw udah dibeliin buku mengelola keuangan keluarganya safir senduk sama si hubby. Tapi ya gitu dweh, karena kita berdua emang bukan berasal dari keluarga kaya raya, trus hanya 3 hari setelah nikah udah mandiri *catet: pindah ke luar pulau yang bener-2 asing*, plus ditambah pula abi lulus tugas belajar n menjadi anak kuliahan aseli, mudik paling kurang 2x staon, yah kondisi finansial kita saat di awal itu bisa dibilang kere, belom lagi bawaan pengantin baru bwat kita jadi lumayan boros, pengen candle lite dinner mulu, jalan-2 mulu, trus gak lama gw “isi’, so living cost nambah lagi dunk, heh kok jd ngelantur?! Intinya sih sempat ada jaman gali lubang tutup lubang, deposito kita kepake bwt ganti beli hp yang ilang, tabungan pendidikan zidan mesti diambil lebih awal karena ada yang mendesak banget, de es be lah, hadweh klo ingat smua itu gw malah jadi tambah sayang ma laki gw coz saat-2 seperti itulah ikatan kami berasa tambah kuat *hueeeks :) *. Jangan bilang gw gak pernah bikin anggaran kluarga, aduuh itu mah udah ada sejak taon pertama kite nikah, tapi ntah karena memang incomenya pas-2an ato memang gw yang gak tau memanage dengan baek, mangkanya income itu slalu saja ngepas nyaris kurang *buka aib amat yah gw, haghaghag*. Gw juga udah pernah ngeprint doc excel besar-2 bwat dana pendidikan, biaya pensiun, kpr rumah, dana haji, yah tapi mo gimana lagi emang udah gak ada dana sisa ke pos-2 ntuh. Gw langsung mikir keknya gw blogger paling kere ya,huahahaha*eh kere kok malah ngakak*.
Brubung taun lalu abi uda kembali ngator, gak ada lagi tuh beban mo beli diktat kuliah, kertas berim-2 buat skripsi, n printilan-2 anak kuliahan laen, plus income yang slama ini kepotong karena abi kuliah udah kterima full kembali, gw jadi bisa napas dikit deh, lumayanlah sampe taun lalu uda bisa liburan berapa kali, walo tetep juga tipis karena kejadian abi 2x mutasi itu, kantor sih nutupin, cuman rasanya besarnya gak akan nge-cover semuanya deh. Nah sekarang ini, karena ceritanye udah mulai tenang kembali setelah mutasi2 kmaren, uda mule comfort di tempat baru, semua hal-2 diatas jadi keinget kembali, belom lagi klo baca postingan-2 para emak blogger yang uda ngerancang dengan matang finansial planning mereka , hadeuh serasa digampar sama hulk berkali-2, gw barusan mati suri berapa taoon??? walo kembali lagi ya alasanya yah semua yang diatas ntu.
Hal yang paling pertama gw lakuin seperti sarannya mr. Safir senduk tentu ngerancang apa sih financial goal gw, tujuan finansial yang gw mo capai apa sih?? Wahh klo gak nyadar diri mungkin listnya udah berlembar-2, tapiih karena setelah ditampar-2 berkali-2 lagi disuruh bangun dari mimpi gw listed deh hal-2 paling penting yang mesti gw reach during my life *haleuh, mule tegang ya neng*

1. Dana pendidikan zidan
Jelas ini hal pertama dan utama yang mesti disiapin, as i post here, zidan sbenernya udah punya TRM tapi setelah gw itung ulang, oemjiiii, ternyata itu cuman stengah dari dana yang mesti gw save buat pendidikannya sampe kuliah. *mule pengsan :p*

2. Dana darurat
Semua financial advisor pasti menempatkan hal ini sebagai pos yang utama dan WAJIB dimiliki suatu keluarga dan kami sama sekali blom punya dana ini. *pingsan lage*

3. Dana haji
Sebagai umat muslim, wajar donk kalo kami ngimpiin hal ini juga, mosok smua tujuannya baunya duniawi kabeh, padahal aselinya hidup kita di dunia paling cuman secuil dibanding begitu panjangnya hidup kita di akhirat sana, so it’s a Must for us to invest for it too.

4. Dana pensiun
Yee, dana pendidikan ma dana darurat aje belom ada, gimana untuk hal iniii. *lagi-2 pengsaaan, hahaha*
Hanya 4 poin tapi cukup bikin pala gw kayak diketok beban berton-2, huahahahaha. Ini baru goal primer loh, blom goal-2 sekunder yang membayang-2 dibelakangnya, *sekarang bukan pingsan tapi butuh napas buatan,wkkkkkk*. Sebenernya pengen buat tabel how to reach the goal A.K.A niat mo pake instrument apa buat mencapai 4 poin di atas tapi gwudah diteriakin bobo sama dua lelaki gw:).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar