Halaman

Jumat, 15 Mei 2020

Jurnal 2 Tahap Kupu-Kupu

Alhamdulillah memasuki Pekan kedua sebagai kupu-kupu Muda. Tantangan pekan ini semakin wow menurut saya. Sebagai mentee, harus melakukan self assesment untuk menggali kemampuan kita sendiri, sudah sampai di tahap mana dan apa yang kita harapkan dari program mentorship ini. Sebagai mentor, mengenali mentee kita lebih dalam, menanyakan tujuan yang ingin mereka capai dalam mentorship ini dan apa saja hambatan-hambatannya. Dan sangat dianjurkan melalui video call. Saya yang dalam talent mapping bakar relatornya paling bawah tentu menjadi suatu tantangan tersendiri😂 .

Perjalanan pekan ini dimulai dengan menentukan waktu diskusi dengan Mbak Siva selaku mentor saya, mendekati waktu diskusi, mb Siva meminta saya mengirimkan beliau video recorder.
 
Setelah beberapa saat video tersebut terkirim dan memberi Mb Siva waktu untuk melihat, masuklah panggilan video call Mb Siva ke saya, yang tadinya saya pikir bakal kaku, ternyata obrolan kami berjalan hangat. saya benar-benar "curhat" segala persoalan manajemen keuangan dan perencanaan keuangan kepada mb Siva. Kapan lagi saya bisa curhat bebas dengan certified financial planner😚. Mb Siva ngasih beberapa insight yang sangat berharga dalam manajemen perencanaan keuangan, saya jadi tau harus memulai darimana, salahnya dimana selama ini dalam mengatur keuangan dan beberapa hal lainnya. setelah obrolan video call berakhir mb siva memberikan oleh-oleh tabel Excell untuk financial check up dan menghitung neraca keuangan keluarga. Dua hal yang seharusnya dilakukan pertama kali saat mengatur keuangan keluarga. Thank you so much Mb Siva. 

Sebagai Mentor, berbekal pengalaman sebagai mentee, saya pun akhirnya membuat janji video call dengan ketiga mentee saya. Pekan lalu saya sudah menekankan food preparation masing-masing keluarga itu pasti berbeda-beda.
dan benar saja, dari ketiga mentee saya, memang tujuan food preparationnya berbeda-beda😊. Saya pun berusaha menggali kebutuhan masing-masing dengan beberapa pertanyaan sebelum melakukan video call. 
Alhamdulillah, obrolan video kami berjalan lancar, saking lancarnya banyak membahas hal-hal diluar program mentorship seperti pendidikan di Manokwari dengan Mb Lucky yang asli Manokwari tapi domisili Malang saat ini, juga curhat kangennya saya sama Kota Makassar dengan Mb Mega yang domisili Makassar. Diakhir panggilan video saya memberikan challenge membuat menu seminggu juga budgetingnya. Saya pun akan ikut. Jadi ini semacam peer mentoring, kami saling belajar, mungkin akan ada trial and error didalamnya. As a quotes "when you have never made ​​a mistake, it means you have not tried anything😉"

#jurnalke2
#tahapkupukupu
#buncek1
#institutibuprofesional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar