Halaman

Selasa, 21 Januari 2020

Membuat Kelas Bahasa Inggrismu menyenangkan

Bismillaahirrahmanirrahiim...

Alhamdulillah, sampai juga pada tahap ulat. Berbeda dengan tahap telur yang bagi saya yaitu bagaimana menemukan potensi diri, memutuskan ilmu yang akan ditekuni dan pada akhirnya membangun peta untuk menggapai mimpi. Di Tahap ulat, para petualang ini akan disuruh masuk ke hutan untuk mencari makanannya sendiri. Makanan yang dibutuhkan untuk menguasai ilmu yang dipakai untuk meraih cita-cita tadi.

Saya mungkin cukup "serakah" karena ada 5 keterampilan yang ingin saya dalami🙈. Jadi minggu pertama ini saya fokus dulu pada 2 keterampilan. yaitu bagaimana meningkatkan kemampuan mengajar Bahasa Inggris dalam hubungannya saya sebagai Guru di ranah publik dan tentu untuk anak saya sendiri yang menyukai Bahasa Inggris. Juga keterampilan mengelola keuangan keluarga yang akan saya bahas pada post terpisah

Sebagai seorang guru, saya ingin waktu saya 2x40 menit di dalam kelas akan menjadi waktu yang dirindukan oleh siswa. Saya ingin membangun suasana kelas yang menyenangkan, siswa tidak tertekan selama proses KBM berlangsung. Setelah semua itu saya ingin akhirnya siswa paham sepenuhnya apa yang telah saya ajarkan tanpa merasa mereka "belajar". Saya sebenarnya sudah membuat Engliah Club di sekolah, tetapi karena keterbatasan waktu dan tenaga hanya sedikit Siswa yang bisa saya handle pada English Club ini. Untuk mengobati rasa iri siswa yang lain juga karena kewajiban saya sebagai pendidik, saya pun menerapkan konsep fun learning ini di proses KBM.

Jadi bagaimana mengajarkan Bahasa Inggris yang asik?

Saya akan membuka kelas dengan Brainstorming, biasanya melalui lagu yang disertai gerakan. lagunya bisa "Mr.Police" hockey pockey, if you happy and you know it, dan masihh banyak lainnya. Setelah itu saya akan membagikan colourful printed material hari itu, lalu memutarkan video yang sesuai dengan materi, meminta siswa menyimak. Barulah setelah video selesai saya mereview kembali. Kemudian, saya akan membagikan worksheet yang menarik, bisa perorangan dan kelompok. ini dalam berbagai skill, reading,writing,speaking,and listening. sambil mereka mengerjakan, mereka bisa bertanya yang belum mereka pahami. Barulah setelah itu, saya akan memandu sebuah games yang tetap berhubungan dengan materi. Siapkan hadiah kecil untuk sang pemenang tentu saja. Diakhir kelas, berikanlah evaluasi singkat yang terukur untuk menilai sejauh mana mereka paham materi yang diajarkan. 

Seiring waktu, saya tetap terus belajar dan mencari media dan bahan ajar yang menarik, dan lebih penting dari itu bagaimana menjadi seorang guru yang profesional, menyenangkan, dan bukan saja memberi ilmu akademis semata tapi membangun karakter mereka agar kelak selain sukses mereka tumbuh jadi pribadi berakhlak mulia, aamiin...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar