Halaman

Selasa, 14 September 2021

Review#4 Jurnal SMART dan Sumber Daya

Kembali ke jurnal review, jurnal review ke-4 kali ini saya dipertemukan dengan mbak Umi Kulsum Maharani dari IP Bekasi. Masya Allah, saya kembali dipertemukan dengan buddy review dari regional Bekasi dimana saya pernah setahun menjadi member IP regional Bekasi dan membuat saya jadi kangen rumah mungil kami di Bekasi.

Berhubung sekarang saya pindah ke daerah dengan kualitas sinyal sangat rendah, saya tidak bisa mengakses canva, canva hanya bisa berputar seperti ini dari hari ke hari.

Apa yang sudah baik dan apa yang perlu diperbaiki?
Tim Congklak sudah baik dan juga telah menentukan SMART goals yang akan menjadi tujuan serta telah menetapkan 4 tahap millestone. SMART Goalsnya pun jelas dan sangat mulia sekali, saya pun jadi tak sabar menanti tools di millestone 4 mereka untuk membersamai anak kelak.
Yang perlu diperbaiki? Saya tidak menemukan indikator keberhasilan yang merupakan salah satu perwujudan measurable SMART goals. Setiap millestone juga tidak ada penjelasan lebih rinci seperti apa maksud masing-masing millestone.

Proses apa yang dilihat saat menetapkan millestone pencapaian tim?
Sejujurnya saya tidak menemukan penjelasan eksplisit di jurnal mb Umi, bagaimana cara beliau dan tim merumuskan Smart Goals dan millestone ini. Tapi tim congklak telah merumuskan dengan baik tujuan yang ingin dicapai dan seperti apa proses menuju tujuan tersebut. Proses awal yang dimulai dari keluarga masing-masing anggota tim juga menunjukkan proses menuju tujuan ini akan sangat mungkin diraih.

Seberapa efektifkah penggunaan metode SMART untuk mentapkan tujuan tim?
Metode SMART yang mengidentifikasi aspek-aspek Specific, Measurable, Achievable, Relevant, Time bound  sudah efektif dan tersusun dengan baik hanya kurang dijabarkan secara mendetail tiap poinnya, dan hanya tertuang pada template.

Saya selalu menemukan insight baru di setiap feedback sistem dari jurnal milik Buddy. Jurnal mbak Umi dan Tim Congklaknya membuat saya terkesan sekaligus merasa bersalah sih karena sudah beberapa bulan ini saya merasa menomorduakan peran saya sebagai Ibu dan sudah kekurangan waktu mencari inspirasi cara membersamai anak yang seru dan menyenangkan dan tetap memiliki goals yang terstruktur. insya Allah saya akan mengikuti sharing session dari tim Congklak kelak jika mereka sudah open public.

#sistemumpanbalikmateri4
#ibupembaharu
#bundasalihah
#darirumahuntukdunia
#hexagoncity
#institutibuprofesional
#semestaberkaryauntukindonesia
#ibuprofesionaluntukindonesia


Tidak ada komentar:

Posting Komentar